SP Tulis Surat Cinta Untuk DPR RI, Tuntut Hapus Kekerasanan Terhadap Perempuan

Sekolah Perempuan Perdamaian Bintang 9 Sampang melakukan gerakan bersama Menulis Surat Cinta kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia di taman Wijaya Kusuma, Minggu (6/2/2022) sekitar pukul 09.00 Wib.

Kegiatan tersebut diikuti oleh puluhan anggota Sekolah Perempuan Perdamaian Bintang 9 Sampang untuk menyukseskan kampanye penghapusan kekerasan seksual yang digelar serentak di 18 Provinsi di Indonesia.

“Sekolah Perempuan Perdamaian Bintang 9 Sampang terlibat untuk mewakili Provinsi Jawa Timur, tepatnya di Kabupaten Sampang. Kegiatan ini dilakukan oleh 49 komunitas sejak 26 Januari – 7 Februari 2022,” ungkap Aminatur Rizqiyah, Pengelola Sekolah Perempuan Perdamaian Bintang 9 Sampang, Minggu (6/2) malam.

Aminatur Rizqiyah menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan suara-suara perempuan di daerah terpencil agar terbebas dari bentuk kekerasan seksual. Sehingga, perlu kiranya undang-undang pencegahan dan perlindungan bagi perempuan menjadi payung hukum dalam kehidupan.

Sebagaimana bunyi pasal 3 yang termaktub dalam Rancangan Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU TPKS) yang bertujuan:

a. mempidanakan dan merehabilitasi pelaku

b. menjamin ketidak berulangan Kekerasan Seksual

c. menangani, melindungi dan memulihkan Korban

d. mencegah segala bentuk Kekerasan Seksual

e. mewujudkan lingkungan tanpa Kekerasan Seksual.

“Intinya teman-teman mendukung disahkannya RUU TPKS sebagai sebuah ikhtiyar, agar tidak ada lagi korban kekerasan seksual dan teruntuk korban yang sedang menguatkan dirinya agar ada penanganan, perlindungan khusus,” paparnya.

Sedangkan, tujuan khusus dari kegiatan menulis surat cinta ini, ingin menumbuhkan kembali rasa kepedulian dan membangun kepekaan. Sehingga sebagai perempuan bisa mensupport perempuan lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Shopping Cart